Studi: Bawang Merah Tak Lagi Perih di Mata Saat Diiris

Selasa, 16 Januari 2018 - 12:02 WIB
Studi: Bawang Merah Tak Lagi Perih di Mata Saat Diiris
Studi: Bawang Merah Tak Lagi Perih di Mata Saat Diiris
A A A
JAKARTA - Bagi sejumlah orang, mengiris bawang menjadi kegiatan yang menyebalkan. Pasalnya, saat mengirisnya memberikan sensasi perih di mata hingga meneteskan air mata. Hal ini disebabkan oleh adanya senyawa dalam bawang yang dapat menguap saat diiris hingga menyebabkan mata menjadi perih.

Namun, kini Anda tak perlu khawatir lagi saat mengiris bawang merah. Pasalnya, setelah melakukan penelitian selama 30 tahun, penelitian yang dilakukan oleh Bayer berhasil mememukan bawang merah baru yang diklaim tidak akan membuat mata perih sehingga tidak menyebabkan keluar air mata.

Dilansir Metro, bawang merah ini disebut sunion. Selain tidak menyebabkan mata menjadi perih, sunion memiliki rasa yang manis dan renyah. Bawang merah ini juga memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan bawang merah lainnya. Sunion merupkan hasil perkawinan silang, bukan dari modifikasi genetik.

Jenis bawang baru ini, tidak melepaskan banyak gas yang akan berubah menjadi gas sulfur ketika menyentuh air di dalam mata. Ini menjadi penyebab tubuh untuk menghasilkan air mata. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, sunion pun terbukti tidak akan menghasilkan air mata.

Namun, sunion baru dibudidayakan di Nevada dan Washington. Tempat tersebut dinilai tepat untuk membudidayakan bawang tanpa air mata tersebut.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4461 seconds (0.1#10.140)